Laman

Sabtu, 25 Februari 2012

Kisah Direktur PT. Samsung Elektronik Indonesia Menemukan Islam

Beragam alasan mualaf menemukan kebenaran Illahiah melalui Islam. Bagi Lee Kang Hyun, Direktur PT Samsung Elektronic Indonesia, Islam dipilih karena dinilai sebagai agama yang mengajarkan keramahan dan solidaritas kepada sesama. Sekitar 10 tahun pria kelahiran Seoul Korea Selatan ini telah menjadi Muslim. Dan sepanjang waktu itu pula, dia merasa dorongan untuk beramal kian membesar.
Di tengah kesibukan sebagai orang nomor satu di perusahaan elektronik papan atas ini, ia menyempatkan diri untuk mengajarkan Islam pada kedua anaknya. "Kegiatan itu cukup menyita waktu. Namun dengan demikian, sekaligus akan berarti saya juga terus belajar tentang Islam," bilang Lee.


Mulai tertarik Islam sejak bersahabat dengan orang Indonesia pada penghujung 1980-an, Lee beruntung memiliki ayah mertua yang cukup banyak mengetahui Islam. Maka korespodensi hingga diskusi soal agama selalu mengisi waktunya bila dia bertemu mertua. Kesan Islam sebagai agama damai, menurut Lee, dia dapatkan saat mulai lebih banyak belajar tentang Indonesia. Semakin dia ingin mengetahui soal Indonesia, kian terasakan betapa bangsa ini merupakan komunitas yang beragam namun memiliki semangat bersama dan saling berbagi.

Lee menjadi lebih dalam memperhatikan Islam, setelah dia mengenal keluarga Roshim Hamzah, mantan pejabat BNI, yang dilihatnya amat tekun beribadah. Yang dia ingat, bapak angkatnya itu selalu menjalankan shalat tepat waktu, dan membaca Alquran usai shalat. "Selesai shalat atau membaca Quran, bapak itu rona mukanya terlihat amat segar dan tenang. Sepertinya membaca Alquran itu sebagai obat. Paling tidak obat stress karena pekerjaan," kenang Lee.

Sejak 1988, Lee memang sering bertandang ke Indonesia. Awalnya kedatangan itu karena korespondensi dengan tamannya yang kebetulan mahasiswa Universitas Indonesia. Dia bahkan sempat tinggal beberapa minggu di rumah karibnya itu, Novianto. Dari persahabatan itu, dan pengalamannya mendatangi sejumlah tempat di Indonesia, keramahan dan keakraban masyarakat Indonesia amat membekas di dalam hatinya.

Situasi ini diakuinya, seperti kondisi Korea Selatan pada era 1970-an, saat ia masih anak-anak. Ketertarikannya kepada kehidupan masyarakat Indonesia yang kemudian semakin membuatnya tertarik ingin lebih tahu agama paling besar di sini, Islam.

Lee tak menyangka jika di kemudian hari, kedekatan batinnya dengan Indonesia mengantarnya untuk menduduki posisinya sekarang. Usai menyelesaikan kuliahnya di Fakultas Ekonomi Hankuk University Korea Selatan pada 1991, dia kemudian bergabung dengan perusahaan elektronik terbesar di negaranya, Samsung.

Dua tahun menekuni bidang ekspor, diapun mendapat promosi jabatan. Karena dinilai banyak mengetahui Indonesia, maka penugasan berikutnya yang membawanya kembali ke Indonesia pada 1993. "Saat itu adalah kali kedelapan saya ke Indonesia. Walaupun senang tapi tak terlalu surprise," ujarnya.

Namun, lanjut pria ini, pada kesempatan ke Indonesia yang kedelapan itu dirinya memiliki beban psikologis lebih tinggi. Kalau sebelumnya, datang ke Indonesia karena berlibur dan belajar banyak hal, pada 1993 dia datang ke Indonesia dengan tanggung jawab lebih besar. Ini karena Lee ditunjuk sebagai Menejer Ekspor-Impor di PT Samsung Electronic Indonesia.

Walaupun berurusan dengan soal ekspor-impor, Lee juga mencoba dekat dengan para karyawannya. Terutama, ia ingin mendorong etos kerja buruh menjadi lebih baik. Ia pun menjadi 'pengamat'. Dilihatnya, terdapat korelasi signifikan antara agama dengan prestasi kerja. "Mereka yang tekun dan disiplin shalat ternyata adalah karyawan yang bisa berprestasi," ujarnya.

Maka rasa ketertarikan kepada Islam pun kian menari dalam sanubarinya. Diakuinya pula, keinginan memeluk Agama Illahi yang paling sempurna itu juga karena keinginan lebih dekat dengan lebih 2.000 karyawan di pabrik Samsung di Cikarang Jawa Barat. "Bukan karena unsur lain. Tapi memang kalau saja saya Islam, maka bila harus menyatukan diri dengan para karyawan, saya bakal lebih diterima. Namun intinya bukan karena mayoritas Islam terus saya jadi Islam. Bukan karena itu," tegasnya.

Pria kelahiran 16 Juli 1966 ini mengaku sempat gamang dalam perjalanan menemukan kebenaran Islam. Perasaan itu justru kian menjadi setelah keinginannya memeluk Islam kian besar.

Beruntung, ia mendapat teman diskusi yang mumpuni, salah satunya Roshim Hamzah, mantan pejabat BNI yang berdarah Aceh. "Pak Roshim tak pernah memaksakan kehendak. Dia malah lebih banyak hanya memberi contoh bagaimana bisa taat beragama dengan tetap bisa berkarya secara profesional," kenang Lee. Maka belum setahun berkarya di Indonesia keputusan berislam pun diputuskan. Pada tahun 1994, Lee Kang Hyun resmi memeluk Islam setelah bersyahadat di Masjid Sunda Kelapa Jakarta.

Sebagai Muslim, ia mengaku masih banyak 'bolong'-nya. Diakuinya, belum semua ketentuan waktu shalat diikutinya. "Tapi setiap hari saya pasti shalat, walaupun memang belum lima waktu." Shubuh adalah waktu shalat yang paling sering terlewatkan. Soalnya kebiasan tidur menjelang fajar menjadikan sulitnya dia terbangun di pagi hari.

Soal larangan mengonsumsi daging babi, menurut Lee, amat mudah dia tinggalkan selekas masuk Islam. Namun soal minuman beralkohol, belum sepenuhnya ditinggalkan, terutama saat 'puulang kampung' ke Korea. "Minum Soju itu identik dengan budaya Korea dan rasa penghormatan terhadap semasa manusia. Maka jujur saja, saya belum bisa mencari jalan keluar untuk meninggalkan budaya itu. Tapi suatu saat saya yakin bisa," ujarnya. Asal tahu saja, di Korea, Islam masih dianggap sebagai sekte aneh'.

Dua tahun ber-Islam, Lee mengaku mendapat berkah paling besar dengan menemukan jodohnya, wanita asal Sumedang, Jawa Barat. Mereka dikaruniai dua anak laki-laki, Bonny Lee (7) dan Boran Lee (2). Seiring pertumbuhan buah hatinya, ia makin terketuk untuk makin mendalami Islam. "Soalnya bagaimana saya bisa mendidik anak dalam soal agama dengan baik, kalau saya sendiri pengetahuan Islamnya masih perlu diperdalam," katanya.

Maka Allah pun memberi jalan mudah. Sang ayah mertua merelakan waktunya untuk berbagi pengetahuan Islam kepada menantunya yang masih berbangsa Korea ini. Sekarang, setiap Sabtu, dia selalu menerima surat dari ayah mertuanya yang berisikan topik bahasan Islam. "Selain surat, ayah sering mengirimkan pula data-data dan dokumen lain soal Islam. Lalu saya
selalu meluangkan waktu untuk mendiskusikannya dengan Bonny, yang sekarang mulai besar," ceritanya.

Seiring dengan perjalanan karier Lee yang terus menanjak, hingga sekarang dipercaya menempati posisi Direktur PT Samsung Eelectronic Indonesia, kebiasaan 'menyebar' uang dan berbagi rezeki kepada kaum dhuafa terus menjadi kesehariannya. Namun ia menolak membicarakan hal itu. "Saya hanya ingin berbagi dan mendidik anak-anak supaya tahu kewajiban saling membantu sesama," tukasnya. Satu lagi yang masih menjadi cita-citanya, pergi ke Tanah Suci untuk berhaji. "Saya ingin ke Mekkah untuk berhaji. Tapi sampai sekarang belum mendapat izin cuti lebih sebulan," tuturnya.

Nama: Lee Kang Hyun
Tempat tanggal lahir: Seoul, 16 Juli 1966
Status pernikahan : Menikah dengan dua anak

Pendidikan
* 1991: Sarjana Manajemen Ekonomi Hankuk University (Korea),
* 2000: Mendalami E-commerce di Carnegie Mellon University, Pittsburgh - USA

Pengalaman kerja:
* 1986 - 1988 : Military training requirement
* 1991 : Samsung Electronics, Ltd (Export Team Audio-Video)
* 1993 : manajer ekspor-impor Samsung Electronics Indonesia
* 1998 - 2002 : Export-Import, Project General Manager
* 1999 - 2002 : General manager marketing Samsung Electronics Indonesia
* 2003 - sekarang : Direktur Samsung Electronics Indonesia

[sumber : Cerita Islami/Kisah Mualaf dari mailing list masjid_annahl]

21 komentar:

  1. Subhannallah,Assalamu'alaikum WrWb Mr. Lee....Allahuakbar.........!

    BalasHapus
  2. Alhamdullilah, Mr Lee menuju ketenangan hidup yang Hakiki menuju keselamatan Dunia dan Akherat yang telah di janjikan dalam Al qur'an yg Allah titipkan pada umat islam untuk pedoman hidup terakhir untuk agama Allah.Tingkatkan Takwa Mr Lee lebih banyak belaja Ilmu Islam yg ada pada Kitab Amien

    BalasHapus
  3. Subhanallaah... I proud of you Mr. Lee

    BalasHapus
  4. Selamat datang saudara baruku....

    BalasHapus
  5. busyet gw sendiri hampir hampir percaya jigong hoak macam ini..hahahahah tapi sayang itu semua adalah jigong swt seperti yang sudah sudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. huahaha spt marco inilah akibat dari kitab ngarang2 hasil jigong si paul cs..agama koq caranya maksa..ga bakal kena coy..kitab hoax dipaksain..berak aje mendingan..huahaha

      Hapus
    2. hai marco coba mawas diri, biasanya orang yg suka berbohong itu orang2 kristen, apalagi di jaman belanda sukanya mengadu domba dan menjajah, coba kau cek sendiri ke pt samsung, atau cari di google, semua menyatakan bos samsung indonesia ini telah jadi Islam, pasti kau sesek ya klo semakin banyak mualaf?? coba kau pelajari Islam, tentu akan lebih baik bagimu..

      Hapus
    3. HAI,SIAPAPUN ANDA SAYA MAU BERITAHU SUPAYA ANDA TAHU HARI INI BAHWA,HANYA TUHAN YESUS KRISTUS SATU SATUNYA JURUSELAMAT DUNIA INI, ANDA HARUS BACA DI DALAM KITAB INJIL YANG BUNYINYA: "KATA YESUS KEPADANYA: AKULAH JALAN,DAN KEBENARAN,DAN HIDUP,TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DATANG KEPADA BAPA,KALAU TIDAK MELALUI AKU". artinya adalah : HANYA TUHAN YESUS SATU SATUNYA JURUSELAMAT YANG SANGGUP MEMBAWA ANDA KE SORGA, TIDAK ADA YANG LAIN. karena itu saya sarankan untuk hari ini anda bertobat,dan PERCAYA KEPADA TUHAN YESUS,selagi anda masih hidup,jangan sampai anda terlambat ,gbu

      Hapus
  6. kalo gak hoax bukan islam namanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cari berita di google yg bukan situs Islam,, semua memberitakan hal yg sama kok, insaflah hai orang2 kristen biar kamu tidak nyesel ntar...

      Hapus
    2. hahaha yang hoax itu otak orang kristen, kitabnya aja dibuat sendiri, tuhanya hanya khayalan paulus hahaha..

      Hapus
  7. yang hoax itu agama yang kitabnya diedit2 berulang-ulang semaunya wkwkwk...kitab hoax agama hoax...wkwkwkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat anda saya mau beritahukan hari ini supaya anda tau dan sadar bahwa agama islam itu tidak dapat menyelamatkan manusia untuk masuk ke sorga,demikian juga dengan agama yang lain.anda mau tau kenapa saya berani ngomong begitu, saat ini saya akan beritahu kepada anda semua satu kebenaran besar yang mungkin selama ini anda tidak mengetahui yaitu bahwa: telah tertulis di dalam firman yaitu injil Yohanes 14 ayat 6 bunyinya:KATA YESUS KEPADANYA: "AKULAH JALAN,DAN KEBENARAN,DAN HIDUP.TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DATANG KEPADA BAPA,KALAU TIDAK MELALUI AKU." artinya adalah: HANYA TUHAN YESUS SATU SATUNYA YANG SANGGUP MENYELAMATKAN DAN MEMBAWA MANUSIA KE SORGA. TIDAK ADA YANG LAIN. Jadi jangan anda mengarang cerita, untuk menyesatkan orang lain. Karena di dalam firman Tuhan sudah ada janji bagi orang yang percaya dan hidup berkenan kepadanya pasti akan diselamatkan dan masuk ke sorga.anda mau bukti dari ayat firman Tuhan, dari YOHANES 3 AYAT 16 BUNYINYA: "KARENA BEGITU BESAR KASIH ALLAH AKAN DUNIA INI,SEHINGGA IA TELAH MENGARUNIAKAN ANAKNYA YANG TUNGGAL,SUPAYA SETIAP ORANG YANG PERCAYA KEPADANYA TIDAK BINASA,MELAINKAN BEROLEH HIDUP YANG KEKAL." ini adalah janji keselamatan bagi setiap orang yang percaya,dan yang hidupnya berkenan kepada Tuhan. Jadi saya sarankan mulai hari ini anda stop berbohong sana sini,dan sebaiknya anda bertobat dan percaya kepada Tuhan Yesus agar anda dapat diselamatkan. TUHAN YESUS MEMBERKATI ANDA

      Hapus
  8. Ya Rabb, Ya Ilahi, Ya Allah, tiada tuhan selain Engkau dan Muhammad adalah utusan Engkau…
    Hidup masa laluku yang begitu kelam: makan dan minum yang Kau haramkan, bahkan zina telah meracuniku, apalagi ritualitas penyembahan yang tidak pernah sampai kepadaMu. Alangkah hinanya diriku dan tiada yang bisa menyelamatkan diri ini dari adzabMu selain Engkau sendiri. Aku mohon, ya Allah, aku mohon… Ampuni semua kesalahanku di zaman dulu dan jika memang kesalahan itu perlu ditebus, tebuslah di dunia dan jangan di akhirat! Izinkan aku masuk ke dalam surgaMu meskipun sebenarnya aku tak layak mendapatkannya. Jika aku tidak beriman kepadaMu, aku yang jijik dengan diriku sendiri pada dosa dan maksiyatku sendiri akan memilih untuk bunuh diri. Maka, jangan Kau buat aku putus asa dari rahmatMu! Tetapkanlah aku kembali menjadi NOL seperti bayi yang baru lahir dan setelah “pengembalianku” ini, kenalkanlah aku dengan iman yang dalam.

    BalasHapus
  9. Mr.KH.Lee setelah tour of duty ke Bangladesh kembali lagi ke Indonesia th2012 saat ini posisi beliau Vice President (Coorperate Biz Mgmt).

    BalasHapus
  10. ya Allah engkau yang mengkodarkan manusia didunia ini menjadi majusi, nasrani, yahudi dan atheis, sunguh tampak jelas bagiku kerugian dan kerusakan pada mereka setelah imanku ini tetapkanlah selalu aku dalam keislamanku ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. anonim,,, ketika seorang non-muslim memeluk islam. maka lunturlah semua dosa2 yg telah di perbuatnya dahulu. dia akan seperti bayi yg barulahir bersih dari dosa2. sungguh allah maha penyayang dan pemaaf bagi ummatnya. semoga keislaman saudara semakin bertambah tebal,shg akan membuat hidup saudara akan bertambah lebih baik. amin y rabbal alamin.

      Hapus
  11. Untuk anda saya mau memberitahukan disini yaitu bahwa agama apapun tidak sanggup untuk menyelamatkan anda sorga termasuk agama islam, karena itu saya mau beritahu kepada anda selagi anda masih hidup di dunia yaitu bahwa : JURUSELAMAT DUNIA YANG SEBENARNYA ADALAH TUHAN YESUS DIALAH SANG PENYELAMAT DUNIA HAL INI SUDAH TERTULIS DI DALAM INJIL FIRMAN TUHAN YANG BUNYINYA : KATA YESUS KEPADANYA : "AKULAH JALAN,DAN KEBENARAN,DANHIDUP.TIDAK ADA SEORANGPUN YANG DATANG KEPADA BAPA, KALAU TIDAK MELALUI AKU. artinya adalah : HANYA TUHAN YESUS SATU SATUNYA,YANG BISA MENYELAMATKAN ANDA MASUK SORGA. AYAT INI TERTULIS DI DALAM INJIL YOHANES 14 AYAT 6 . jadi agama apapun tidak menyelamatkan, termasuk agama islam.saya berani berkata, karena saya mengatakan kebenaran yang sesungguhnya.mungkin kalo anda melihat ada orang kristen yang telah menjadi muallaf, saya mau beritahu anda saat ini bahwa itu adalah orang kristen KTP DOANG , yang tidak bersungguh sungguh,dan tidak mengerti kebenaran injil,sehingga keimananya gampang goyah dan jatuh oleh rayuan orang lain. JADI SEKALI LAGI SAYA MAU MEMBERITAHU ANDA YAITU BAHWA: 1.AGAMA TIDAK MENYELAMATKAN 2.AMAL KEBAIKAN TIDAK MENYELAMATKAN,KARENA ITU HANYA SEBAGAI PELENGKAP SAJA . 3 . MENJADI ORANG BAIK JUGA TIDAK MENYELAMATKAN. SEBAB ORANG YANG DISELAMATKAN ADALAH ORANG YANG PERCAYA KEPADA TUHAN YESUS, SERTA HIDUP BERKENAN KEPADANYA. jadi hari ini anda harus stop berbohong sana sini, karena TUHAN YESUS ADALAH KEBENARAN YANG SEJATI. GBU

    BalasHapus
    Balasan
    1. juru parkir kaleeee.....!!!!! dasar domba tersesat......!!!!

      Hapus
  12. Kalau soal Dirut Samsung jadi mualaf sih, 100% benar. Dia malah diwawancara di Metro TV. Kalau motif mualaf-nya sih, saya rasa sama dengan Angelina Sondakh, Bella Saphira, dan Lulu Tobing.

    BalasHapus